Harga Sembako di Kota Bekasi Lampaui HET

KOTA BEKASI (Garudanews.id ) – Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi, dalam hal ini Walikota Rahmat Effendi sepertinya tutup mata dengan melonjaknya beberapa komuditas harga kebutuhan pokok yang terus merangkak naik jelang ramadhan 2017 ini.

Bahkan, lonjakan harga tersebut memelampaui ketentuan kebijakan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan oleh Kementerian Perdagangan. Dimana, pemerintah telah menetapkan harga ketiga bahan pokok komoditas, seperti gula, minyak goreng dan daging beku.

Hal itu dilakukan, guna menjaga stabilitas harga komoditas tersebut menjelang dan saat bulan ramadhan dan lebaran nanti.

Berdasarkan penelusuran Garudanews, Senin, (22/5),  di pasar tradisional, seperti di Pasar Baru Bekasi Timur, sangat signifikan lonjakan harganya. Harga Gula pasir mencapai Rp.15.000/kg, sedangkan harga minyak goreng (Kemasan) berkisar Rp.14.500/ltr. Sementara itu daging sapi menyentuh harga Rp.120.000/kg.

Sebelumnya Kementerian Perdagangan menetapkan HET untuk komoditas gula sebesar Rp.12.500/kg, minyak goreng kemasan sederhana Rp.11.000/liter.

“Kementerian Perdagangan menetapkan kebijakan HET untuk komoditas gula sebesar Rp.12.500/kg, minyak goreng kemasan sederhana Rp.11.000/liter, dan daging beku dengan harga maksimal Rp.80.000/kg,” jelas Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito, baru-baru ini. (Red)